NJUAH-NJUAH ! TERIMA KASIH KARENA SUDAH SINGGAH DI BLOG SAYA. SEMOGA ANDA SENANG DAN BAHAGIA

Menggali Potensi Wisata Alam di Kabupaten Pakpak Bharat

Oleh :  Sehat Martua Berutu


Kabupaten Pakpak Bharat memiliki  banyak potensi yang bila dikelola dengan baik dan benar akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Daerah ini memiliki lahan yang luas untuk digunakan sebagai areal pertanian, dan alam yang indah yang dapat dijadikan sebagai objek wisata.  Potensi pariwisata di Kabupaten Pakpak Bharat dapat dijadikan sebagai  salah satu andalan untuk mensejahterakan rakyat di samping sektor pertanian, mengingat  banyak terdapat tempat yang dapat dijadikan sebagai daerah tujuan wisata. Tempat-tempat tersebut ada yang berupa  keindahan panorama alam seperti Delleng Simpoon, panorama air terjun seperti air terjun Lae Mbilulu di Desa  Prongil, air terjun Lae Une di Kecupak, dan lain sebagainya.


Dalam kesehariannnya, tempat-tempat tersebut selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan-wisatawan lokal dan luar daerah. Pada hari-hari tertentu, misalnya hari  libur cukup banyak pengunjung yang datang sekadar untuk menikmati keindahan  panoramanya maupun untuk melepas sejenak kejenuhan dari  kesibukan dan pekerjaan sehari-hari.

Akan tetapi, Pemerintah Daerah seakan tidak mau tahu akan hal ini. Pemerintah hanya memprioritaskan hal-hal yang inti saja, seperti sektor  pertanian. Padahal bila dikaji lebih jauh, sektor pariwisata juga dapat diandalkan sebagai salah satu pilar pendongkrak kesejahteraan masyarakat, sehingga masyarakat akan lebih cepat mencapai kesejahteraan atau "nduma" sebagaimana yang selalu didengung-dengungkan oleh Pemerintah Daerah. Bayangkan saja, bila tempat-tempat wisata tersebut selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan,  maka pastinya masyarakat setempat akan dapat berjualan di tempat itu dan pemerintah akan dapat memungut Retribusi atas fasilitas yang disediakan. Hal itu tentu saja bila pemerintah menyediakan fasilitas semacam tempat berjualan di tempat wisata tersebut. Kemudian bila dibangun tempat parkir dan para pengunjung akan memarkirkan kendaraannya di tempat itu, maka akan dapat ditarik uang parkir yang pelaksanaannya dilakukan oleh masyarakat setempat. Kedua hal tersebut akan berdampak positif bagi masyarakat dan daerah karena  pemungutan retribusi dari fasilitas yang disediakan akan masuk ke kas daerah dan menjadi  Pendapatan Asli Daeah (PAD).

Sektor pariwisata di Kabupaten Pakpak Bharat sampai sekarang tetap menjadi potensi tersembunyi karena kurangnya perhatian pemerintah. Di tempat-tempat wisata tersebut tidak ada sarana dan prasarana pendukung, bahkan infrastruktur jalan menuju tempat tersebutpun kurang memadai. Namun demikian, antusias  masyarakat yang ingin mengunjungi tempat-tempat tujuan wisata itu masih selalu tinggi.

Dengan kondisi yang demikian, seharusnya pemerintah sudah bisa mengubah pola kebijakan dan bisa menambahkan sektor pariwisata sebagai salah satu prioritas pembangunan. Karena pembangunan sektor pariwisata akan dapat mengangkat derajat hidup masyarakat Kabupaten Pakpak Bharat.

Demikian tulisan ini semoga dapat memberikan manfaat dan kontribusi yang positif bagi pergerakan pembangunan Pakpak Bharat yang kita cintai ini. Dan semoga sektor pariwisata tidak lagi  menjadi  potensi yang tertidur, tetapi dapat diangkat menjadi sektor andalan sehingga masyarakat kita akan lebih cepat sejahtera dan nduma.

Njuah-Njuah.
Labels: PARIWISATA

Thanks for reading Menggali Potensi Wisata Alam di Kabupaten Pakpak Bharat. Please share...!

0 Komentar untuk "Menggali Potensi Wisata Alam di Kabupaten Pakpak Bharat"

Terima kasih telah membaca artikel ini. Silahkan tinggalkan komentar pada kotak yang tersedia.

Back To Top