NJUAH-NJUAH ! TERIMA KASIH KARENA SUDAH SINGGAH DI BLOG SAYA. SEMOGA ANDA SENANG DAN BAHAGIA

PERANAN PEMUDA DAN PEMUDI DALAM MASYARAKAT PAKPAK


Dalam suku Pakpak dikenal adanya keberadaan pemuda (anak perana) dan pemudi (simenguda). Masing-masing pemuda dan pemudi mempunyai perannya sendiri-sendiri. Dalam masyarakat suku Pakpak ada syarat-syarat tertentu yang harus diketahui dan dipenuhi oleh pemuda dan pemudi untuk dapat pantas dikatakan sebagai anak perana (pemuda) dan simenguda (pemudi).
Pemuda (anak perana) harus mengetahui dan mempunyai 5 (lima) syarat, yaitu :

1. Tampar-tampar senduk, artinya seorang pemuda harus mengetahui bela diri.
2. Tampar Dasar, artinya sanggup mengantisipasi hal-hal yang sifatnya membahayakan bagi pribadi berupa racun yang dapat menyakiti diri sendiri.
3. Tambar Messeng, artinya seorang pemuda harus sanggup memadamkan suasana panas atau gejolak yang dapat menimbulkan permasalahan.
4. Tambar Soldep, artinya mampu memberikan dan menyelesaikan masalah lama yang sifatnya sudah basi walaupun kalau tertelan tidak akan menimbulkan penyakit.
5. Tambar Rantes, artinya bisa menumbuhkan rasa tawar bagi sesama dan tanpa memerlukan sesuatu alat pun, hanya kelembutan dan keramah-tamahan yang menyelesaikannya, bahkan bagi orang di bawah umur sekalipun.

Pemudi (simenguda) mempunyai 3 (tiga) jenis, yaitu :
1. Sipantun Bunga, artinya harus meramui badan dengan berbagai keharuman untuk kecantikan dan selalu indah dipandang mata dan selalu menimbulkan aroma yang mewangi.
2. Situtu Nditak, artinya rela berkorban, bersusah payah demi menciptakan rasa keterpaduan yang bersifat lemah lembut.
3. Ampe-ampe Bunga, artinya mampu menegakkan satu tujuan tidak akan pernah runtuh, tetap tegak dalam pendirian, berlaku benar maka dikatakan Ampe-ampe Bunga.

Demikian sekilas mengenai peranan dan syarat yang harus dipenuhi oleh setiap pemuda dan pemudi dalam masyarakat  Pakpak untuk dapat layak disebut sebagai Anak Perana dan Simenguda. Kiranya dapat menjadi teladan dan pedoman kita dalam menyesuaikan diri dengan kehidupan masyarakat kita.
Njuah-njuah!!

Labels: SENI BUDAYA

Thanks for reading PERANAN PEMUDA DAN PEMUDI DALAM MASYARAKAT PAKPAK. Please share...!

0 Komentar untuk "PERANAN PEMUDA DAN PEMUDI DALAM MASYARAKAT PAKPAK"

Terima kasih telah membaca artikel ini. Silahkan tinggalkan komentar pada kotak yang tersedia.

Back To Top